photo kepo terkini facebook banner_zpsgiec6was.png

5 Hal yang Bisa Dipelajari dari Kemenangan Chelsea Atas Manchester United


Kepo Terkini - Chelsea sukses mencatatkan kemenangan besar empat gol tanpa balas ketika menjamu Manchester United di Stamford Bridge pada Minggu (23/10). Keempat gol The Blues merupakan torehan dari Pedro Rodriguez, Gary Cahill, Eden Hazard, serta N'Golo Kante. Tim tuan rumah bahkan terlihat mampu tampil dengan sangat dominan di sepanjang laga ini. 

Berikut adalah lima hal yang bisa dipelajari dari kemenangan besar Chelsea atas Manchester United.

5. Reuni Jose Mourinho Berujung Bencana

FBL-ENG-PR-CHELSEA-MAN UTD
Sebelum laga digelar, Jose Mourinho terlihat sangat positif ketika ia membawa Manchester United bertandang ke Stamford Bridge. Laga ini juga menjadi momen pertama kalinya manajer asal Portugal ini kembali ke Stamford Bridge sebagai oposisi sejak didepak pada Desember 2015. 

Namun bukannya hasil positif yang berhasil dipetik, ia justru harus rela menyaksikan tim besutannya dibantai habis-habisan dengan skor telak empat gol tanpa balas di laga ini. Kekalahan ini juga mengulang kekalahan besar Setan Merah atas The Blues, yang terjadi pada 23 Oktober 2011 dengan skor telak 1-6.

4. Formasi Baru Chelsea Ala Conte Terus Berbuah Manis

Chelsea Training and Press Conference
Chelsea tak lagi menggunakan formasi lama yang diwariskan oleh Jose Mourinho setelah mereka menelan kekalahan telak tiga gol tanpa balas atas Arsenal. Bila di Juventus Antonio Conte menerapkan formasi 3-5-2, kini ia menggunakan formasi baru 3-4-3 di Stamford Bridge. 

Formasi baru ini membuat Chelsea bermain jauh lebih solid di lini belakang, dan mereka terlihat lebih tajam ketika melancarkan tekanan ke lini belakang lawan. Bahkan formasi baru ini juga disebut mampu mengeluarkan potensi terbaik sejumlah pemain mereka, termasuk Victor Moses, Eden Hazard, Diego Costa, dan pemain anyar, Marcos Alonso.

3. Ada Apa dengan Zlatan Ibrahimovic?

Chelsea v Manchester United - Premier League
Sudah lebih dari satu bulan sejak Zlatan Ibrahimovic terakhir kali menyumbangkan gol bagi Manchester United di Premier League. Striker asal Swedia tersebut berhasil membobol gawang Manchester City pada 10 September 2016, dan sejak saat itu tak ada lagi torehan gol darinya. 

Hal ini lantas membuat publik bertanya-tanya, ada apa dengan Zlatan Ibrahimovic? Tak jarang pula yang lantas menyuarakan agar Jose Mourinho kembali menurunkan Wayne Rooney di depan Ibrahimovic demi membuat lini depan Setan Merah kembali tajam. 

2. Kante dan Nemanja Matic Menjadi Kunci Permainan Chelsea

FBL-ENG-PR-CHELSEA-MAN UTD
Penampilan N'Golo Kante dan Nemanja Matic di lini tengah memang bisa dikatakan sangat luar biasa, dan menjadi kunci permainan Chelsea di laga ini. Kante berhasil menguasai permainan dengan sangat baik, bergerak ke seluruh sisi lapangan tanpa lelah, dan menawarkan bantuan lebih di lini belakang dan lini depan timnya. 

Penampilannya tersebut juga sejalan dengan duetnya di lini tengah, Nemanja Matic. Keduanya berhasil membangun sebuah permainan yang membuat Chelsea tampil sangat dominan di sepanjang laga, dan sukses membuat pergerakan para pemain tim tamu sering kandas di tengah jalan.

1. Lini Pertahanan Mourinho Cenderung Rapuh

FBL-ENG-PR-CHELSEA-MAN UTD
Kebobolan empat gol tanpa balas tentu saja menjadi sebuah alarm tersendiri bagi Jose Mourinho untuk semakin memperhatikan lini pertahanan timnya. Namun bukan berarti ia harus menerapkan skema parkir bus, namun meningkatkan performa para bek di skuatnya. Bahkan Chris Smalling dan David de Gea melakukan kesalahan besar dalam gol pembuka dari Pedro Rodriguez. 

Tak cukup sampai di situ, kini Mourinho juga harus kehilangan Eric Bailly karena cedera ligamen lutut. Cedera tersebut ia peroleh setelah mengalami benturan keras dengan Eden Hazard pada menit 52.
Share on Google Plus

About Anonim

0 komentar:

Posting Komentar