photo kepo terkini facebook banner_zpsgiec6was.png

9 Larangan Paling Aneh yang Dilakukan Manajer Top di Klubnya


Kepo Terkini - Tugas seorang manajer klub cukup banyak. Salah satunya adalah untuk memastikan bahwa para pemain tidak melakukan hal-hal yang berisiko menurunkan performa mereka di lapangan. Di luar jam kerja, yaitu saat latihan dan pertandingan, pemain bisa lebih bebas melakukan apa saja yang mereka mau.

Ketika masih berada di lingkungan klub, mereka wajib mengikuti berbagai aturan ketat yang ditetapkan oleh manajer. Namun, terkadang ada aturan-aturan aneh yang buat orang lain, terdengar lucu atau aneh.

9. David Moyes - Keripik

Sunderland v Hull City - Premier League
Ini salah satu aturan pertama yang ditetapkan oleh David Moyes ketika datang ke Old Trafford terkait soal penganan. Begitu ditunjuk menggantikan Sir Alex Ferguson, Moyes melarang para pemain menikmati keripik sebelum bertanding.

Rio Ferdinand menyinggung hal ini dalam otobiografinya (2014), "Itu bukan sesuatu yang pantas untuk ditolak mati-matian. Namun, para pemain menyukainya. Suatu kali setelah latihan pemanasan dengan sepeda (statis), salah satu pemain bilang, 'Kawan-kawan, kita mesti datang ke Giggsy (Asisten Manajer saat itu). Kita harus mendesak dia untuk membolehkan makan keripik lagi.'"

Moyes setahun kemudian sempat menjelaskan alasannya kepada FourFourTwo (2015), "(Aturan) itu karena beberapa pemain kelebihan berat badan dan saya pikir keripik bukan menu diet yang bagus."

8. Antonio Conte - Pizza

FBL-ENG-PR-CHELSEA-TOTTENHAM
Ada yang aneh ketika seorang manajer asal Italia melarang pemainnya memakan pizza. Claudio Ranieri malah mentraktir para bintang Leicester City makan pasta itu ketika timnya tak kebobolan untuk pertama kali dan ketika meraih gelar Premier League.

Untuk Conte, tradisi makan pizza setelah pertandingan langsung dihilangkan begitu datang ke Stamford Bridge. Majalah The Sun mengungkap bahwa menu pizza dibatasi secara ketat, termasuk saus-saus (tomat dsb), selain minuman bersoda demi meningkatkan level kebugaran.

Conte bahkan melarang konsumsi cuka yang biasa dimakan para pemain. Sebelum pertandingan, sereal dan pasta digantikan dengan ayam dan salad. Hasilnya bisa kita lihat sekarang.

7. Luis Enrique - Sepeda Motor dan Ski

FBL-EUR-C1-MAN CITY-BARCELONA
Setelah ditugaskan menangani Barcelona pada 2014, Enrique mewarisi aturan-aturan peninggalan Tata Martino, yang membiarkan pemain terlalu bebas. Bersepeda motor dan bermain ski langsung dianggap terlarang.

Para pemain Barca juga dilarang untuk melakukan kegiatan menyelam. Selain itu, dua hari sebelum pertandingan, Lionel Messi dkk. dilarang mengonsumsi alkohol.

6. Paolo Di Canio - Ponsel

FBL-ENG-PR-WEST BROM-SUNDERLAND
Paolo Di Canio ketika menangani Sunderland punya aturan aneh, walau aturan itu tak mencegah timnya terhindar dari jurang degradasi. Ketika tiba di Stadium of Light pada 2013, Di Canio melarang konsumsi saus tomat, mayonais, minuman es, dan bahkan bernyanyi.

Namun, aturan yang paling tidak lazim adalah larangan memakai ponsel. Dengan klaim sebagai bagian dari revolusi, Di Canio pernah mengatakan, "Mulai sekarang, jika seseorang masuk (ke klub) dengan membawa ponsel, walau di dalam tas, saya akan membuangnya ke laut. Benda itu terlarang."

5. Sir Alex Ferguson - Natal

FC Basel 1893 v Manchester United FC - UEFA Champions League
Para pemain Manchester United tadinya terkenal suka minum minuman beralkohol dan mabuk-mabukan. Alex Ferguson yang melarang hal itu ketika datang pada 1986. Aturan itu terlihat wajar saja.

Nah, pada 2011, Fergie membuat aturan baru yang aneh, yaitu melarang perayaan natal di Old Trafford untuk memastikan tim tetap profesional. Menurut laporan Daily Star tahun 2012, Ferguson meminimalkan perayaan tahunan itu hanya sebatas makan bersama. 

Ia juga menyarankan para pacar atau istri pemain menjaga pasangan mereka agar tidak terlalu banyak minum alkohol.

4. Louis van Gaal - Truk Pengiriman

MK Dons v Manchester United - Capital One Cup Second Round
Pendahulu Jose Mourinho di Manchester United ini kabarnya termasuk manajer paling sulit dipahami oleh orang Inggris. Louis van Gaal pernah melarang mobil-mobil van atau truk pengirim barang datang ke tempat latihan pemain. Sebab, kendaraan pengangkut ini dinilai mengganggu konsentrasi pemain.

Menurut laporan Daily Mirror, Van Gaal bahkan dikatakan agak paranoid bahwa truk-truk yang berseliweran tiap hari itu mungkin mata-mata tim lain. Akibatnya, pengiriman barang dilarang masuk saat tim sedang latihan, selain orang yang bukan pegawai Manchester United juga dilarang masuk.  

3. Pep Guardiola - Internet

Manchester United v Manchester City - EFL Cup Fourth Round
Sinyal 3G dan 4G kabarnya tidak terlalu bagus di beberapa tempat di pusat latihan Manchester City. Hal itu menyebabkan para pemain harus mengandalkan jaringan Wi-Fi. Ketika Pep Guardiola datang, jaringan internet gratis yang biasanya disediakan langsung diputus. 

Sergio Aguero pernah mengungkap bahwa Pep mungkin tidak suka melihat pemain di ruang pijat sambil memainkan ponselnya. "Saya tidak tahu itu siapa, dia rileks sambil memakai ponsel, Saya tidak tahu, mungkin dia tidak menyukainya," kata Aguero ketika itu. 

"Sejak saat itu, internet diputus."

Selain internet, pizza juga dilarang di dalam ruang ganti, tak boleh makan di luar dengan WAGS pasca pertandingan, dan bahkan kegiatan di tempat tidur diwajibkan harus kelar sebelum tengah malam.

2. Jose Mourinho - Pokemon Go

FBL-ENG-LCUP-MAN UTD-MAN CITY
Ada kalanya permainan ponsel membuat kecanduan. Pokemon Go tak hanya membuat orang sibuk dengan ponselnya. Mereka juga harus jalan-jalan untuk mencari makhluk virtual itu di berbagai tempat. Karena itulah, Jose Mourinho meminta para pemain menahan diri dalam berburu Pokemon setidaknya dua hari sebelum pertandingan.

Bisa dibayangkan, semisal Jesse Lingard terlambat datang dalam pertemuan tim hari Jumat, yang penyebabnya ternyata karena habis berburu Pokemon di tempat yang jauh dari markas tim.

"Dia bilang selama 48 jam sebelum laga, para pemain harus konsentrasi urusan taktik yang telah disiapkannya beserta staf," kata sumber Daily Star bulan Juli lalu.

1. Roberto Mancini - Warna Ungu

FBL-ITA-SERIEA-INTER-EMPOLI
Dalam sepak bola masih banyak juga unsur-unsur takhayul walau di Eropa sekalipun. Roberto Mancini ketika menangani Manchester City di tengah musim 2012/13 pernah melarang pemain memakai pakaian latihan warna ungu, yang sebenarnya adalah kostum latihan resmi klub.

Daily Mirror melaporkan bahwa Mancini juga melarang pemain mamakai apapun yang berunsur ungu, sementara desain kostum latihan diganti warna lain. Manajer Italia itu sampai melarang juga pemakaian bib ungu dari UEFA dengan risiko kena denda.
Share on Google Plus

About Anonim

0 komentar:

Posting Komentar