photo kepo terkini facebook banner_zpsgiec6was.png

7 Bulan Tak Tampil di Publik, Istri Kim Jong Un 'Disingkirkan'?


Kepo Terkini - Istri pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un tak tampil di depan umum dalam waktu tujuh bulan terakhir. Dilansir dari Yonhap, Ri Sol Ju terlihat di publik terakhir kali pada 28 Maret lalu. Saat itu, ia mengunjungi distrik perdagangan dan kesehatan baru di ibu kota Pyongyang.

Absennya Ibu Negara yang dikenalkan sejak Februari 2012 itu menimbulkan kekhawatiran publik yang menduganya telah "disingkirkan". Para pakar yang mengikuti perkembangan Korea Utara, ada kemungkinan bahwa Ri Sol Ju terlibat konflik dan bersebrangan dengan adik Kim Jong Un, Kim Yo Jo.

Padahal, pengaruh sang adik terhadap keputusan Kim Jong Un semakin besar. Bahkan Kim Yo Jo yang kini menjabat sebagai Departemen Propaganda dan Agitasi itu disebut-sebut akan mengambil alih posisi sebagai pemimpin Korea Utara di masa depan.

Menurut guru besar ilmu politik dan spesialis Korea di Universitas Waeda, Jepang, Toshimitsu Shigemura ada beberapa faktor yang membuat Ri tak tampil di publik. Faktor pertama adalah keselamatan terkait serangan dari faksi militer.

"Muncul laporan bahwa situasi di Pyongyang tak lagi stabil dan bahkan ada upaya serangan oleh faksi militer terhadap Kim Jong-un," ungkap Shigemura dilansir dari The Daily Telegraph. "Mungkin saja Ri sengaja disembunyikan atau tengah dalam penjagaan ketat."

Faktor kedua adalah konflik dengan sang adik ipar atau bahkan dengan Kim Jong Un sendiri hingga membuatnya "disingkirkan". Sedangkan kemungkinan lain adalah Ri hamil sehingga tidak memungkinkannya aktif untuk menemani sang suami.
Share on Google Plus

About Anonim

0 komentar:

Posting Komentar