photo kepo terkini facebook banner_zpsgiec6was.png

102 Tahun Rivalitas Brasil dan Argentina


Kepo Terkini - Rivalitas Brasil dan Argentina sudah berlangsung lebih dari 100 tahun. Dua tim terbaik dunia itu cukup berimbang dalam duel-duel yang sudah dilangsungkan.

Argentina dan Brasil pertama kali berhadapan pada sebuah laga persahabatan yang dilangsungkan di Buenos Aires pada 1914 silam. Ketika itu tuan rumah meraih kemenangan telak 3-0.

Setelah itu kedua tim telah menjalani puluhan pertandingan di berbagai kompetisi. Rivalitas mulai terbangun, apalagi keduanya kemudian menjadi kekuatan utama di Amerika Selatan dan juga dunia, plus tak berhenti menghasilkan pemain-pemain terbaik.

Setelah 102 tahun setelah pertemuan pertama di Buenos Aires, Argentina dan Brasil total sudah menjalani 102 pertandingan. Statistik pertemuan mereka sejauh ini cukup berimbang: Brasil meraih 39 kemenangan dan Argentina mengumpullkan 37 kemenangan. Sementara 26 laga lainnya tuntas dengan hasil imbang.

Kedua tim saat ini punya koleksi gol yang sama. Yakni 159. Demikian diberitakan ESPNFC.

Pele dan Maradona

Argentina dan Brasil punya dua pesepakbola yang dianggap sebagai terbaik sepanjang sejarah, mereka adalah Diego Maradona dan Pele.

Meski jadi pahlawan saat mengantar Argentina menjuarai Piala Dunia 1986, Maradona tidak bisa berkontribusi banyak dalam pertandingan-pertandingan menghadapi Brasil. Tercatat bermain lima kali, Maradona hanya melesakkan satu gol.

Kondisi sebaliknya pada Pele. Legenda hidup Brasil itu cukup oke dalam pertemuan-pertemuan dengan Argentina. Menjalani 10 laga kontra Argentina, Pele melesakkan delapan gol. Termasuk hat-trick yang dia buat pada 1963.

Pele bahkan menjadi pemain Brasil dengan jumlah gol terbanyak ke gawang Argentina. Sementara pemain Argentina paling subur dalam duel-duel dengan Brasil adalah Emilio Baldonedo.

Trofi

Brasil sejauh ini lebih baik dalam hal trofi-trofi yang sudah dimenangi. Raihan terbesar mereka tentu saja lima gelar Piala Dunia, delapan titel Copa America, dan empat trofi Piala Confederasi.

Argentina baru memenangi dua Piala Dunia. Tapi mereka lebih sukses di ajang Copa America dengan 14 titel dipunya. Sementara Piala Konfederasi, Tim Tango baru punya satu piala.
Share on Google Plus

About Anonim

0 komentar:

Posting Komentar