photo kepo terkini facebook banner_zpsgiec6was.png

Peneliti LIPI: Ahok Jadi Tersangka, Partai Pendukung Akan Tak Nyaman


Kepo Terkini - Gubernur DKI Jakarta nonaktif, Basuki Tjahaja Purnama hari ini ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus penistaan agama. Menanggapi hal itu, peneliti senior LIPI Siti Zuhro mengatakan sikap Ahok pasti akan berbeda setelah penetapan status ini.

"Ini tentunya akan membuat Pak Ahok beda, sebelum dan sesudah dia menjadi tersangka, pasti akan membuat dia canggung. Atau kalau dia orang super, enggak canggung juga," jelas Siti, di KAHMI Center, Jl. Turi I, Senopati, Jakarta Selatan (16/11/2016).

Selain soal sikap Ahok yang berubah, Siti juga menyoroti soal sikap partai politik pendukung pasangan calon nomor urut dua tersebut. Menurutnya dengan status ini, parpol pendukung akan merasa tidak nyaman.

"Yang pasti membuat partai pendukungnya menjadi tidak nyaman dengan status tersangka. Bukan hanya partai yang bersangkutan tapi juga partai-partai pendukung," ungkap Mba Wiwi, panggilan akrab Siti Zuhro.

Dengan status tersangka ini, Siti menjelaskan ini adalah peluang emas bagi pasangan calon lainnya. Namun dia tidak mau memastikan apakah pasangan Ahok-Djarot akan tetap ikut di putaran pertama, atau malah ikut hingga putaran kedua.

"Sekecil apapun, akan mempengaruhi stabilitas dan elektabilitas Pak Ahok. Jadi suara bisa jadi ke dua pasangan calon, kita tidak tahu mau ke nomor satu atau tiga. Apakah putaran pertama itu Pak Ahok masih ikut, atau ikut sampai putaran kedua. Ini yang jadi pertanyaan," pungkasnya.
Share on Google Plus

About Anonim

0 komentar:

Posting Komentar