photo kepo terkini facebook banner_zpsgiec6was.png

Tinggal 4 Bulan, Tugas Berat Djarot Menuntaskan Janji Jokowi-Ahok di 2012


Kepo Terkini - Djarot Saiful Hidayat telah dilantik menjadi Gubernur DKI Jakarta pada Kamis 15 Juni 2017 lalu. Djarot merupakan gubernur ketiga dalam periode lima tahun terakhir 2012-2017.

Dia merupakan penerus Joko Widodo yang kini menjadi Presiden RI dan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang mengundurkan diri setelah divonis bersalah dalam kasus penodaan agama.

Djarot hanya punya waktu 4 bulan untuk menuntaskan semua janji yang pernah disampaikan para pendahulunya tersebut. Pada Oktober 2017, Djarot harus menyerahkan tampuk kepemimpinan pada Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan dan pasangannya Sandiaga Uno.

Djarot mengatakan akan bekerja lebih keras, cepat dan fokus selama 4 bulan. Adapun yang ingin dikejar Djarot adalah tingkat kepuasan warga Jakarta.

Menurut Djarot, soal ini dia sudah diwanti-wanti oleh Ahok. "Berkali-kali saya bicara dengan Pak Ahok, tingkat kepuasan harus lebih dari 70 persen di zaman kami," kata dia kemarin.

Menurut Djarot, tingkat kepuasan bisa dicapai dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah 2017 Perubahan yang disahkan tepat waktu. Tujuannya, agar tak ada program yang belum terlaksana karena anggarannya belum cair.

"APBD 2017 Perubahan dan APBD 2018 harus dikejar, prosesnya tinggal selangkah lagi," ujar Djarot seusai dilantik, Kamis (15/6).

Adapun beberapa proyek fisik yang bakal selesai pada Oktober 2017 mendatang menurut Djarot adalah pembangunan beberapa rumah susun sederhana sewa (Rusunawa). Pembangunan ini ditujukan untuk warga Jakarta yang menjadi korban gusuran normalisasi sungai Ciliwung dan beberapa tempat lainnya.

Proyek yang lainnya adalah pembangunan Jak Grosir sebagai pusat perkulakan di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur. Selain itu, Djarot juga akan menuntaskan keinginan Ahok agar semua layanan pemerintah Jakarta berbasis teknologi dan non-tunai.

Janji yang belum bisa dituntaskan pada periode 5 tahun ini adalah pembangunan mass rapid transit (MRT) dan light rail transit (LRT). Kedua proyek itu akan dilanjutkan pada periode kepemimpinan Anies-Sandi. "Kalau program baik, tolong dilanjutkan. Kalau tak baik ya terserah," kata Djarot.
Share on Google Plus

About Anonim

0 komentar:

Posting Komentar