photo kepo terkini facebook banner_zpsgiec6was.png

Cegah Milisi ISIS dari Marawi, Wiranto: Perbatasan Diperketat.


Kepo Terkini - Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto memastikan wilayah perbatasan Indonesia diperkuat untuk mengantisipasi masuknya kombatan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) dari Marawi.

Milisi ISIS dikhawatirkan menyebar ke negara sekitar Asia Tenggara setelah digempur pasukan Filipina di Kota Marawi, Mindanao, Filipina Selatan. "Iya dong, diperkuat. Masing-masing matra kita minta untuk perkuat posisi masing-masing," ujar Wiranto di kantornya, Rabu (7/6).

Selain TNI dan Kepolisian, pengawasan dilakukan pemerintah daerah di kawasan perbatasan Indonesia-Filipina. Terkait hal itu, Wiranto sudah merencanakan rapat koordinasi bersama para pejabat pemerintah daerah terkait.

"Untuk melakukan langkah-langkah terencana membendung kemungkinan tersebarnya basis teror dari wilayah Marawi ke tempat lain, terutama Indonesia," tutur Wiranto.

Meski tak menjelaskan rinci, Wiranto menyebut rencana patroli maritim tiga negara, yaitu Indonesia, Malaysia, dan Filipina sudah berjalan. "Itu sudah berjalan, ini (peningkatan keamanan perbatasan) bagian dari itu."

Wiranto pun mengungkapkan rencana koordinasi lanjutan antar-sejumlah negara lain dalam konteks penanggulangan terorisme. Negara yang terlibat selain Indonesia, ujar Wiranto, meliputi Indonesia, Australia, Selandia Baru, Brunei Darussalam dan Filipina.
Share on Google Plus

About Anonim

0 komentar:

Posting Komentar